Bupati Bandung H Dadang Supriatna memperingati Hari Kesaktian Pancasila

Posted by: DKUKM Kab Bandung | 01/06/2021 | Kategori: Umum | 57 kali dibaca | Rating: 25

Bupati Bandung Dadang Supriatna menyampaikan, sosialisasi tentang 4 pilar kebangsaan yang fundamental, yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), harus terus diberikan dengan gencar, terutama di sekolah.

Ia sedikit kilas balik saat dirinya mengenyam pendidikan di sekolah dasar, di mana Pancasila terus diberikan pada siswa dalam setiap kesempatan pembelajaran. Bupati pun meminta Kepala Dinas Pendidikan untuk fokus, bagaimana bisa menularkan isi kandungan Pancasila kepada siswa.

Pancasila, lanjutnya, harus menjadi karakter generasi saat ini yang cenderung semakin individual dan dimanjakan oleh kemudahan teknologi. Di sini pemerintah harus hadir, untuk terus mengedukasi masyarakat akan falsafah negara dan bangsa.

“Saya rasakan saat sekolah SD, SMP, sampai hapal butir-butir Pancasila. Bagaimana akhlak yang baik, menghargai orangtua, menghargai sesama dan saling menolong. Misalkan kita sedang jalan-jalan melihat paku, atau ranting berduri, kita singkirkan agar tidak membahayakan orang lain, ini perilaku-perilaku yang akan membentuk karakter,” tutur bupati.

Sumber : Humas Kab Bandung

Apakah pendapat Anda tentang artikel ini?

Share:

Google+ Facebook Twitter Pinterest